Wujudkan Kota Layak Anak, DP3A Semarang Inisiasi Aplikasi ‘MENTAS’

oleh -
Sosialisasi dan pelatihan penginputan data aplikasi MENTAS. (ist)

SEMARANG, Kontenjateng.com – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Semarang menginisiasi pengembangan aplikasi Manajemen Data Anak Kota Semarang (MENTAS) sebagai upaya mewujudkan Semarang sebagai kota layak anak.

DP3A Kota Semarang mulai melakukan sosialisasi dan pelatihan penginputan data aplikasi MENTAS kepada 177 kelurahan di gedung rapat Dinas Arsipus dan ruang rapat PKK Kota Semarang.  

Guna mengurangi kerumunan kegiatan ini dibagi menjadi empat gelombang mulai tanggal 16 -19 Februari 2021.

Hadir dalam kegiatan pengembangan aplikasi Manajemen Data Anak Kota Semarang (MENTAS), Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Semarang Mukhamad Khadik, dan narasumber Dhendra Marutho dan Adnan, Kamis (18/2).

Kepala Bidang Perlindungan Hak Anak DP3A Kota Semarang, Tegoeh Tri Adijanto mengatakan jika aplikasi MENTAS ini masih membutuhkan banyak pengembangan.

“Saat ini masih dalam tahap pertama, kami masih melakukan input data untuk mendokumentasikan data-data terkait indikator kelurahan layak anak. Kemudian tahap Kedua, pengembangan aplikasi MENTAS akan digunakan untuk bahan evaluasi atau monitoring internal kelurahan, kecamatan dan kota,” papar Anthok sapaan akrabnya.