Warga Terdampak Tanah Bergerak di Brebes Tak Jadi Direlokasi

oleh -
Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH.

BREBES, Kontenjateng.com – Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH menyampaikan, warga terdampak bencana tanah bergerak tidak jadi direlokasi. Karena berdasarkan hasil kajian dari Tim Peneli Geologi Jawa Tengah, menyatakan lokasi tanah bergerak di Kecamatan Sirampog ternyata tanahnya masih aman digunakan kembali. Sehingga masyarakat yang terdampak bencana dapat membangun kembali rumahnya di lokus tersebut.

“Patut kita syukuri, kaena warga yang terdampak tidak perlu pindah atau membeli tanah baru ke tempat lain,” ujar Idza Priyanti saat menyalurkan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Brebes kepada para warga terdampak bencana alam tanah bergerak di Aula Kecamatan Sirampog, Selasa (23/03).

Tetapi, lanjut Idza, apabila ada warga yang ingin pindah ke tempat lain karena rumahnya rusak parah atau rusak berat, akan dibantu Pemerintah Provinsi Jawa Tengah senilai antara Rp 30 juta sampai Rp 50 juta tergantung nilai kerusakannya. Bantuan berupa material, yang materialnya akan dikirim dari Bandung. Sedangkan ongkos pengiriman akan dibantu Pemerintah Kabupaten Brebes. Bantuan berbentuk material rumah semi permanen.

“Sedangkan untuk yang rumahnya rusak sedang dan ringan akan dibantu Pemkab Brebes yang bersumber dari APBD senilai Rp 5 juta sampai Rp 10 juta,” ungkap Idza.