USM Gelar Pelatihan Assesor BKD Online

oleh -
Pelatihan Beban Kinerja Dosen (BKD) secara daring bagi Assesor dan atasan dosen yang digelar oleh Universitas Semarang.(doc)

SEMARANG, Kontenjateng.com – Universitas Semarang (USM) menggelar pelatihan Beban Kinerja Dosen (BKD) secara daring bagi Assesor dan atasan dosen. Pelatihan selama dua hari tersebut, diikuti sebanyak 60 dosen USM di Kampus USM Semarang, Rabu – Kamis (2-3/9/2020).

Kegiatan pelatihan tersebut, dibuka oleh Rekot USM Andy Kridasusila dengan menghadirkan narasumber dari LLDIKTI 6 yakni Drs Bagus Priyatno, ST MT. Serta sebagai moderator Wakil Rektor II USM Prof Dr Sri Budi Wahjunigsih MP.

Pelatihan sendiri dibagi menjadi dua gelombang, mengingat kondisi pandemi saat ini yang harus mengutamakan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penularan virus corona.

Terkait hal itu, Rektor USM Andy Kridasusila mengatakan, tugas utama bagi seorang dosen adalah tri dharma, sehingga USM memfasilitasi para dosen untuk melaksanakan tri dharma dengan baik.

“Selain itu saat ini pemerintah juga memberikan kemudahan dan fasilitas berbasis teknologi informasi. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pelaksanaan dan memudahkan kontrol dosen. Sehingga kualitas tri dharma terjaga,” katanya.

Disisi lain, Sementara Bagus Priyatno menyampaikan materi terkait rubrik beban kerja dosen dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi.

Menurutnya bahwa rencana beban kinerja dosen itu dihitung pada setiap awal semester. Bersamaan dengan laporan kinerja dosen pada semester sebelumnya.

“Laporan Kinerja Dosen (LKD) merupakan potret kinerja rril dosen dalam melaksanakan tri dharma dalam hitungan SKS satu semester terkahir yang sudah dijalani,” tambahnya. (KJ)