Unnes Gandeng Pemkab Kudus Perkuat Merdeka Belajar Kampus Merdeka

oleh -
Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Unnes, Hendi Pratama, dan Bupati Kudus, HM Hartopo, menunjukkan nota kesepakatan kerjasama yang ditandatangani, kemarin. (*Ist

Kontenjateng.com – Universitas Negeri Semarang (Unnes) menggandeng Pemerintah Kabupaten Kudus guna memperkuat implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Hal itu ditunjukkan dengan penandatanganan nota kesepakatan kerjasama antara Unnes dengan Pemkab Kudus di Pendopo Kabupaten Kudus, kemarin.

Penandatanganan dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Unnes, Hendi Pratama, dan Bupati Kudus, HM Hartopo.

“Kerjasama ini mencakup kerjasama dalam kegiatan pemagangan, praktik kerja, pengajaran, asistensi pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, peningkatan dan pemberdayaan sumber daya manusia,” kata Hendi Pratama, Kamis (27/5/2021).

Ia menyampaikan, sebagai lembaga pendidikan tinggi, Unnes terus menciptakan dan membangun inovasi dalam mewujudkan Kampus Merdeka. Berbagai inovasi sangat dibutuhkan untuk menjawab berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat.

“Kampus sebagai rumah belajar harus dapat melahirkan ilmu dan pengetahuan. Maka dari itu perlu kerjasama yang erat antar perguruan tinggi untuk mewujudkannya. Apa yang menjadi keunggulan Unnes dan Pemkab Kudus kita kolaborasikan dan kita kembangkan bersama untuk menciptakan inovasi,” ujarnya.

Selain itu, Hendi juga menjelaskan, Unnes tidak henti-hentinya melakukan berbagai lompatan untuk mendukung inovasi dan prestasi sehingga turut andil dalam pembangunan bangsa dan negara.

Hal tersebut dibuktikan dengan pencapaian prestasi Unnes sebagai terbaik pertama dalam nilai kerja anggaran TA 2020.

“Salah satu prestasi Unnes yang baru saja yakni Unnes mendapatkan penganugerahan terbaik pertama dalam nilai kerja anggaran TA 2020 oleh Kemendikbud,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kudus, HM Hartopo menyampaikan perjanjian kerjasama bertujuan untuk memfasilitasi para mahasiswa, membantu aspek praktis/skill dan sebagainya sehingga ada link and match antara teori dengan praktek.

“Unnes dalam mengembangkan kapasitas memang tidak diragukan lagi. Ini juga menjadi bagian dari tugas bersama, menjalankan kebijakan pemerintah dari Mendikbud Ristek yaitu adanya Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Hendi dan Hartopo berharap dengan berjalannya kerja sama yang baik diharapkan bisa bersama-sama memberikan kontribusi yang nyata kepada bangsa dengan mencetak generasi yang inovatif dan unggul dalam prestasi. (Auf/Kj)

No More Posts Available.

No more pages to load.