Panggung Kahanan Magelang, Meriah Berkat Rancaknya Kuda Lumping

oleh -

KONTENJATENG.COM – Suara gamelan mengalun sendu mengiringi kemunculan para penari kuda lumping. Tiba-tiba gaung gong menghentak seiring irama seperangkat gamelan yang lain, mengawali pertunjukan Sanggar Seni Wahyu Eko Budoyo Temanggung di Panggung Kahanan road show, Rabu (28/4/2021).

Gelaran seni budaya yang disiarkan secara virtual kali ini dihelat di Pendopo Joglo Rumah Dinas Wali Kota Magelang berlangsung meriah. Selain kesenian kuda lumping, juga dimeriahkan Woro Widowati, Justin Liee, dan seniman musik seKaresidenan Kedu. Selain itu, disajikan pemutaran film pendek “Kendang Keriuk” yang disutradarai sienas muda Magelang Gepeng Nugroho.

Lincah dan atraktif penari kuda lumping menjadi daya tarik penonton. Apalagi diiringi suara musik dari gamelan yang masih terbilang baru. Ya, satu set gamelan milik Kuda Lumping Wahyu Eko Budoyo merupakan bantuan dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Pimpinan Kuda Lumping Wahyu Eko Budoyo, Agus Setyawan menuturkan bahwa kesenian tari kuda lumping sudah menjadi turun temurun dari leluhur di desanya. Hingga saat ini, masih dileastarikan.

“Tiap minggu kita latihan, meski tidak ada tanggapan saat pandemi. Ini bentuk semangat kami dalam melestarikan kesenian,” ujarnya.