Lewat SIMPAMKOTA, Pemkot Semarang dan Polrestabes Siap Gelar Pilkada

oleh -
Walikota Semarang Hendrar Prihadi saat mengisi Pelatihan Sistem Pengamanan Kota (Simpamkota) yang digelar secara virtual, Kamis (3/9/2020).(doc)

SEMARANG, Kontenjateng.com – Jelang Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwakot) Semarang 2020, yang akan berlangsung 9 Desember 2020 mendatang, berbagai upaya persiapan pun dilakukan oleh berbagai pihak.

Salah satunya yakni persiapan terkait kesiapsiagaan pengamanan wilayah Kota Semarang pra maupun pasca Pilwakot melalui Pelatihan Sistem Pengamanan Kota (Simpamkota) yang digelar secara virtual, Kamis (3/9/2020).

Pelatihan virtual Simpamkota tersebut diberikan kepada seluruh jajaran keamanan yang akan mengawal jalannya Pilkada mendatang seperti TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Dinas Kesehatan, Kesbangpol, KPU dan Bawaslu Kota Semarang.

Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, dengan adanya pelatihan tersebut pihaknya pun optimis bahwa terselenggaranya Pilwakot di Kota Semarang akan berjalan dengan jujur, adil, langsung, umum, bebas, rahasia, aman dan sehat.

“97 hari jelang Pilkada serentak, Saya yakin keberadaan Simpamkota mampu menjadi sarana guna memetakan kondisi sekaligus menjaga tensi politik agar semakin baik dan matang,” katanya.

Melalui pelatihan virtual ini, Hendi berharap berbagai peta permasalahan Pilkada hanya akan berakhir sebatas simulasi belaka. 

Lebih lanjut, dirinya pun mengingatkan adanya pekerjaan rumah lain selain masalah keamanan yakni adanya pandemi Covid-19. Untuk itu, Hendi menginstruksikan langsung kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang untuk dapat memantau secara aktif dan memastikan penerapan protokol kesehatan di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS).

 “Sosialisasi yang tepat juga dibutuhkan guna memberikan pemahaman keamanan serta protokol kesehatan yang benar kepada masyarakat saat penyaluran hak demokrasi 9 Desember nanti,” tambahnya.     

Sementara itu, Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Auliansyah Lubis, dalam sambutannya mengajak seluruh pihak untuk menyamakan persepsi dalam pengamanan Pilwalkot Kota Semarang.

“Sehingga pesta demokrasi nanti dapat berlangsung secara Jurdil dan Luber,” katanya.  

Auliansyah juga menyampaikan jika pihaknya bersama jajaran TNI, Kodim dan seluruh personil pengamanan siap mengerahkan seluruh Sumber Daya Manusia (SDM), kemampuan serta berkoordinasi sebaik mungkin guna mengawal, menjaga dan menciptakan kondusifitas guna suksesnya Pilkada 9 Desember mendatang.(bg/kj)