Kuasa Hukum: Klien Kami Tak Layak Dipailitkan

oleh -

SEMARANG, Kontenjateng.com – Anggota tim kuasa hukum termohon pailit perkara no. 32/Pdt.Sus-Pailit/2020/PN Smg, Hanitiyo Satria Putra, merasa aneh dengan dikabulkannya permohonan pailit oleh majelis hakim Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri (PN) Semarang.

Menurut Hanitiyo, kliennya hanya sebagai penjamin hutang dari anaknya saja, bukan sebagai orang yang berhutang atau debitur. Bahkan, kliennya sudah melakukan pelunasan atas hutang anaknya dengan memberikan 3 sertifikat tanah kepada pemohon pailit.

Itu dibuktikan dengan Akte Notaris dan dua putusan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) yang sudah berkekuatan hukum tetap. Dalam putusan tersebut menyatakan tidak ada hutang dari termohon kepada pemohon.

“Saya selaku kuasa hukum menyayangkan dengan adanya permohonan pailit. Itu sama saja itikad baik klien kami tersebut diabaikan oleh majelis Hakim. Klien kami tidak layak dipailitkan. Ini ada apa?” ucap Hanitiyo, melalui sambungan telepon, Minggu (28/3/2021).

Perkara pailit no. 32/Pdt.Sus-Pailit/2020/PN Smg tersebut telah diputus 16 Februari 2021 lalu oleh majelis hakim yang terdiri dari Bakri sebagai ketua majelis, Asep Permana dan Eko Budi Supriyanto sebagai hakim anggota.