KPU Perpanjang Masa Pendaftaran Calon, Hendi : Kami Percaya Komitmen Parpol Pendukung

oleh -
Walikota Semarang Hendrar Prihadi
Walikota Semarang Hendrar Prihadi.(kj)

SEMARANG, Kontenjateng.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang melakukan perpanjangan pendaftaran tiga hari, yakni terhitung mulai Kamis (10/9/2020) sampai Sabtu (12/9/2020) mendatang.

Masa perpanjangan pendaftaran calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang selama tiga hari bisa saja akan mengubah kontestasi Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Semarang 2020.

Sebab, bisa jadi 15 parpol yang sekarang mengusung dan mendukung calon tunggal Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu (Hendi-Ita) bakal berubah pikiran.

Masa perpanjangan pendaftaran tersebut, sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2017, yakni apabila selama proses pendaftaran hanya satu paslon yang mendaftar.

Sementara hingga penutupan pendaftaran Minggu (6/9/2020) lalu, hanya ada satu paslon yang mendaftar, yakni calon petahana Hendi-Ita.

Terkait hal itu, petahana calon Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, bahwa pihaknya optimis serta percaya dengan komitmen semua partai politik, baik partai pengusung maupun pendukung.

“Sudah ada perjanjian hitam di atas putih atau di atas materai, hal apa yang membuat saya ragu. Meskipun ada kemungkinan sekian persen mereka berubah ya itu pilihan politik,”katanya, kemarin.

Karena itu, lanjut dia, komitmen bersama antara dirinya dan semua partai pengusung ataupun pendukung akan terus dijaga dan dirawat, salah satunya adalah dengan membangun Semarang lebih baik lagi.

Namun demikian, Hendi pun tidak memungkiri bahwa politik berjalan dinamis dan bisa terjadi perubahan kapanpun. Misalnya, saat ini dirinya didukung 15 partai.

Bisa saja saat masa perpanjangan pendaftaran ada parpol yang mencabut dukungan. Bisa saja terjadi karena inilah dunia politik. Namun saya siap menghadapi segala kemungkinan,” tambahnya.

Sebelumnya Ketua KPU Kota Semarang Henry Casandra Gultom mengatakan, sesuai dengan PKPU Nomor 3 Tahun 2017 bahwa pihaknya melakukan penundaan dan perpanjangan masa pendaftaran pasangan calon.

Menurutnya, pihaknya akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada parpol dan ormas terkait perpanjangan masa pendaftaran ini.

“Pendaftaran akan diperpanjang tiga hari mulai Kamis (10/9/2020) lusa, hingga Sabtu (12/9/2020) mendatang,” ungkapnya. (kj)