Ganjar Minta Laporan Harian Terkait Uji Coba Sekolah Tatap Muka

oleh -
Uji Coba Sekolah Tatap Muka di Jawa Tengah.(istimewa)

SEMARANG, Kontenjateng.com – Pelaksanaan uji coba sekolah tatap muka tujuh sekolah di tiga Kabupaten/Kota di Jateng telah dimulai. Sejumlah sekolah di Kota Tegal, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo mulai hari ini telah melaksanakan proses belajar mengajar tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menerangkan, uji coba pelaksanaan sekolah tatap muka di beberapa daerah itu sudah dengan persiapan matang. Semua proses sudah dibuatkan SOP dan sudah dilakukan simulasi.

“Sekarang saya minta pendampingan hari ini. Mudah-mudahan, semuanya bisa lancar,” kata Ganjar ditemui di kantornya, Senin (7/9).

Ganjar mengatakan, pelaksanaan sekolah tatap muka akan dievaluasi setiap seminggu sekali. Setiap hari, ia juga meminta jajarannya memberikan laporan perkembangan pelaksanaan sekolah tatap muka itu.

“Saya minta perkembangannya dilaporkan perhari, ada yang istimewa atau tidak. Setiap minggu nanti kami evaluasi semuanya,” jelasnya.

Sebelumnya, Ganjar juga mengatakan bahwa uji coba pelaksanaan tatap muka akan ditambah baik jumlah siswa maupun sekolah, apabila pelaksanaan uji coba di tiga daerah itu berjalan baik. Sebaliknya, apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, maka program itu akan dievaluasi kembali.

“Nanti kalau lancar, ditambah. Tapi kalau ada yang perlu dievaluasi, ya harus dievaluasi. Saya minta semua membantu mengawasi,” pungkasnya.

Sementara itu, pelaksanaan sekolah tatap muka di beberapa daerah di Jateng itu, disambut antusias oleh para siswa. Revalina Anisa Ramadhani, siswi kelas XI IPS 4 SMAn 2 Tegal misalnya, mengaku sangat senang dengan dimulainya belajar mengajar dengan cara tatap muka.

“Rasanya senang sekali bisa sekolah dan tatap muka lagi. Karena sejak ada covid-19, pembelajaran dilakukan daring. Kalau tatap muka itu lebih paham karena penjelasannya detil dan bebas bertanya. Sekaligus, bisa bertemu dan berdiskusi dengan teman,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Pemprov Jateng menggelar uji coba sekolah tatap muka di Kota Tegal, Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Temanggung. Ada tujuh sekolah yang ditunjuk sebagai pilot project, yakni SMAN 1 Parakan dan SMKN 1 Temanggung, SMAN 2 dan SMKN2 Wonosobo serta SMAN 2 dan SMKN 2 Kota Tegal serta satu sekolah swasta di Tegal, yakni SMA Pius.(kj)