Dosen FTP USM Berikan Pelatihan Pengemasan Buah dan Sayuran

oleh -

KONTENJATENG.COM – Sebanyak tiga dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang (USM) yang terdiri Ir. Elly Yuniarti Sani, M.Si, Ika Fitriana, S.TP, M.Sc dan Dr. Ir. Rohadi, M.P memberikan pelatihan kepada kelompok wanita tani CERIA di Kecamatan Patean Kabupaten Kendal pada Jum’at (28/5).

Kelompok tani yang beranggotakan ibu-ibu yang sehari-hari  menangani komoditas sayuran dan buah-buahan dalam bentuk segar atau olahan ini diberikan pelatihan tentang pengemasan hasil olahan yang menggunakan buah dan sayuran adalah mie kering, stik dan kudapan sesuai dengan karakteristik sifat fisiknya.

Menurut Elly sayuran, buah-buahan, hasil ternak dan ikan termasuk komoditi pertanian dalam arti luas yang mudah rusak dan membusuk yang yang diakibatkan  oleh mikroorganisme seperti jamur, bakteri dan yeast.

“Kerusakan akibat kekeringan, perubahan kimiawi dan biokimiawi yang berlanjut terjadi perubahan sifat fisik yang mengakibatkan kemunduran mutu, sehingga diperlukan perlakuan awal sayuran dan buah-buahan sebelum pengolahan seperti pengaturan kelembaban udara selama transportasi dan distribusi sayuran dan buah-buahan” ungkapnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.