Dosen FE USM Berikan Pendampingan UMKM Minuman Jahe Alang-Alang

oleh -

SEMARANG, Kontenjateng.com – Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Semarang (USM) melakukan kegiatan pengabdian dengan melakukan pendampingan pada pelaku usaha jahe alang-alang instan di Pesanggrahan, Kelurahan Mlatibaru, Kecamatan Semarang Timur.

Tim pengabdian diketuai oleh C. Tri Widiastuti, SE., MM dengan anggota Guruh Mulia Widayat, SE., MM dan Dhina Kharisma, S.Pd., MM dengan melibatkan dua orang mahasiswa Elisa Teguh Prasetiyani dan Diaz Fajar Ilyasa.

Pelaku usaha yang menjadi mitra dalam kegiatan adalah industri rumahan minuman jahe alang-alang instan yang diketuai oleh ibu Yasmin Nugroho, minuman yang diproduksi berbahan baku jahe. Pada masa pandemic Covid-19, minuman jenis ini banyak dicari masyarakat karena berlomba-lomba ingin melakukan hidup sehat sehingga daya tahan tubuh dan imunitas tetap terjaga.

“Mitra kegiatan berupaya agar produknya memiliki daya simpan yang lama, praktis dan efisien melalui jahe instan berbentuk serbuk. Mitra juga berupaya meningkatkan kuantitas penjualan dan diterima pasar di tengah kondisi pandemic,” kata salah satu anggota Tim Pengabdian Dhina Kharisma.