Berubah Desain, Pembebasan Lahan Normalisasi Sungai Beringin Bertambah

oleh -
Kepala DPU Kota Semarang Sih Rianung.(ar/kj)

SEMARANG, Kontenjateng.com – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang Sih Rianung mengatakan, normalisasi Sungai Beringin akan dilakukan pada tahun 2021 mendatang.

Rianung menjelaskan, dalam pekerjaan normalisasi Sungai Beringin Pemerintah Kota Semarang bertugas untuk melakukan pembebasan lahan.

“Desain awal pembebasan lahan sudah selesai, hanya tinggal beberapa rumah yang dalam proses komunikasi dengan pemilik,” katanya, kemarin.

Namun demikian, Rianung mengungkapkan ada perubahan desain terkait dengan normalisasi Sungai Beringin. Sehingga membutuhkan tambahan pembebasan lahan kurang lebih 13 hektare.

Ini ada perubahan desain yang butuh pembebasan lahan lagi, setelah di review panjangnya akan ditarik ke hulu. Tujuannya agar aliran air ketika musim hujan biar tuntas dan tidak menggenangi permukiman ataupun jalan pantura,”jelasnya.

Untuk anggaran lanjut Rianung, anggaran yang disiapkan berkisar antara Rp 100 miliar. “Kalkulasinya jika harga tanah disana adalah Rp 1 juta per meter, jadi kita membutuhkan sekitar Rp 100 miliar,” tuturnya.

Anggaran pembassan lahan ini, diharapkan bisa teralisasi meskipun akan dilakukan bertahap dan melihat pendapatan APBD Kota Semarang.

Rianung menyebut jika Sungai Beringin memang menjadi sungai yang rawan meluap, bahkan berkali-kali tanggul yang ada di sungai tersebut jebol karena diterjang air dan masuk ke permukiman.

“Nanti kita anggarkan bertahap pada 2021, semoga APBDnya sudah bagus,” pungkasnya.

Belum lama ini Ketua DPRD Kota Semarang, Kadar Lusman menyebutkan jika pembebasan lahan terkait normalisasi Sungai Beringin rencananya akan dianggarkan pada 2021 mendatang.

“Program ini sudah dirancang dan siap dilanjutkan, karena sudah masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Semarang. Prioritas memang penanganan banjir dan rob. Wilayah timur dan selatan sudah, tinggal wlilayah barat, yakni normalisasi Sungai Beringin,“ tambahnya.(ar/kj)